Siapa yang tidak tahu Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? salah satu tempat wisata budaya di Indonesia ini di resmikan pada tanggal 20 April 1975 ini memperagakan berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia. Kali ini saya akan membahas web TMII dari sisi antar mukanya, berdasarkan Web usability yang merupakan suatu pendekatan untuk membuat suatu situs web mudah digunakan untuk pengguna, tanpa memerlukan pelatihan khusus apapun. Adapun goals dari web usability diantaranya adalah efektif digunakan, efisien digunakan, aman digunakan, punya utility yang baik, mudah dipelajari dan mudah di ingat bagaimana cara menggunakannya. Sekarang kita mulai dari halaman awal.


Ini merupakan halaman awal yang muncul ketika mengetikan url tamanmini.com halaman ini untuk membantu user menggunakan web ini dalam masalah bahasa, disini user dapat memilih dalam 2 bahasa, diantaranya bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Setelah memilih kemudian user akan masuk ke Home

Ternyata pada home juga terdapat link untuk merubah bahasa dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, link bahasa yang aktif berwarna kuning, dan yang tidak aktif berwarna hijau. Kelemahannya, ketika kita mengganti bahasa, yang berubah ternyata hanya bahasa menu-mununya saja, isi artikelnya tetap berbahasa Indonesia.
Menu-menu yang terdapat pada web ini diantaranya Berita, Galeri Foto, Anjungan Daerah, Budaya adat Daerah, Rekreasi, Fasilitas, Kalender Acara, Profil TMII dan Hubungi Kami.Pada menu berita terbagi lagi menjadi 3 sub menu yang terdapat di bagian kanan halaman yaitu, berita TMII, berita nedia dan indeks berita

Pada galeri foto juga terbagi kedalam 4 sub menu diantaranya Album Foto Anda, Foto Kegiatan, Foto Anjungan dan Foto Tempat Wisata dari semua Foto yang ada pada galeri foto-foto yang ada merupakan foto lama, dan lagi pada menu pakaian adat, tidak ada keterangan nama pakaian dan asal daerah pakaian tersebut.

Bogor Agricultural University

tamanmini.com


2 Responses to “Web Usability Taman Mini Indonesia Indah”

  1. Aprilia Ramadhina Says:

    Jangan lupa buat nyantumin link web yang di analisis ya sist.. :)

  2. iran07 Says:

    iya sist… udah… ada kan?

Leave a Reply