Kamus bahasa asing?!
Mungkin kata kamus akan menjadi masa lalu, karena produsen Jepang NEC akan memperkenalkan sebuah produk baru yaitu kacamata tele scouter. Kacamata tele scouter ini adalah kacamata yang dapat secara otomatis menerjemahkan kata dan frase yang diucapkan. Memiliki fitur mikrofon dan kamera mini, yang dapat menerjemahkan percakapan bahasa asing.
Rekaman audio ini kemudian di teruskan ke komputer kecil yang ada di pinggang yang mengirimkan informasi ke server. Server kemudian menerjemahkan kata-kata yang berupa pidato ke dalam bentuk teks, dan mengirimkan kembali ke kacamata, dimana frase diterjemahkan kemudian muncul di layar kecil, menyediakan pemakai transkrip percakapan dalam bahasa mereka sendiri.
Sistem dirancang menjadi kompak dan ringan, sehingga nyaman dipakai untuk waktu yang lama, dan tidak memerlukan terlalu banyak daya baterai.
Tele scouter ini masih berupa prototipe, meskipun NEC memamng berencana menjual produk ini tahun depan. Produsen jepang sendiri mengakui bahwa kemampuan terjemahan produk ini masih sangat terbatas. NEC sendiri membayangkan produknya ini dipakai oleh insinyur dan teknisi untuk melihat buku petunjuk atau manual ketika menginstall dan memperbaiki hardware. dan rencananya produk ini akan dijual seharga 750 juta yen, dan mampu mendukung 30 pengguna. Ehm…. ada yang berminat?!
Link to my lovely university:

13 Responses to “KACAMATA TELE SCOUTER”

  1. Danar si Sapi Says:

    Hehe, keren euy…Tapi nanti bakalan ada kesalahan2 dalam nerjemahinnya gak yah?Misalnya dari pengucapan kata2nya, atau grammarnya.Tapi tetep Nice lah..=D

  2. ukirankatakatadean Says:

    nice gadget !!tapi dari segi mobilitas, agak kurang nih. bayangin aja kalo harus selalu make ini kacamata selalu kemana-mana… :)dari segi harga juga 'too expensive' :(daripada beli gadget ini, mending dialihkan jadi biaya kursus bahasa.. lebih tahan lama ilmunya… :)

  3. Remarchtito Ganteng Heyziputra Says:

    PERTAMAAAAXXXXX!!!!!!ndduuddhhhh, blog lw penuh dengan gambar mochi tuh… kegedean propicnya.. gw kira tadi teknologi imknya muka lw…wkwkwkkwwah nih kacamata boleh juga, jadi klo jalan2 k afrika ga perlu bawa guide.., tinggal perhatiin aja muka mreka…Boleh2.. Pesen satu yak…

  4. Remarchtito Ganteng Heyziputra Says:

    aarrhhhgghhh parah bget nih koneksi, gw komen dari kpan tw masuknya baru skrng.. jadi ketiga deh gw…

  5. 3theprincess Says:

    keren, tapi ukurannya terlalu besar jadi kurang nyaman menurut gw

  6. M. Mukhlis Says:

    aduh punya gw patah yang kaya beginian, untung uda luar kepala :D

  7. ira_SleepingBeauty Says:

    @ 3: kan tetep bisa dipeke buat gaya2an…maap juga ya…gak ada pic buat komputer kecil yang di pinggangnya…

  8. Na's diary holic Says:

    Wah..google translate aj masih kurang bener,tapi membantu..Keren emang..tapi penerjemah nti jd ga laku yah..hehe

  9. mizu27 Says:

    keren keren…walaupun masih meragukan ketepatan terjemahnnya, tapi cara menggunakan alatnya yang seperti memakai kacamata cukup menarik…

  10. SMSkawai Says:

    cool…let's around the world..klo dirupiahin brapa yak?? >.<translatenya lama g yah kira2..

  11. THAFA97 Says:

    wah kaca matanya keren tuh…kya di film"…hehehehetp yah bwat nerjemahin mah lumyan tuh…kebetulan gw g bisa bahsa luar negri wkwkwkwkwkw:)

  12. The_Master Says:

    wah KEREN!!! sangat membantu ni, apalagi pas UAN bahasa inggris besok, hahahahamungkin nanti bakal ada teknologi yang konvert bahasa secara lisan, jadi kalo kita mau ngomong ma bule bisa gampang, hehehehe

  13. N!SSA Says:

    subhanallah..teknologi sudah semakin pesat bgt yah ><;sangat berguna bgt nih…pengen punyaa..tp harganyaaa –'Hhh…